Thursday, March 3, 2016

GCC Menyebut Hizbullah Sebagai Teroris

Image & Source : Hidayatullah

Gulf Cooperation Council (GCC), yang terdiri dari enam negara mengumumkan pada Rabu (2016/03/02), mereka mengatur kelompok militan Libanon Hizbullah sebagai organisasi teroris. 

Ini adalah langkah terbaru mereka mengambil ke arah organisasi yang berjuang dalam mendukung pemerintah rezim Bashar al-Assad di Suriah.Enam anggota Dewan Kerjasama Teluk untuk mengambil langkah-langkah terhadap anggota Hizbullah karena "tindakan milisi permusuhan yang merekrut pemuda [Teluk] untuk melakukan aksi teror," kata GCC Sekretaris Jenderal Abdullatif al-Zayani mengatakan dalam sebuah pernyataan yang diterbitkan alaraby .co.uk Kamis (2016/03/03). 

Zayani mengutip "hasutan dari tindakan teroris dan orang-orang di Suriah, Yaman dan Irak" mengancam keamanan wilayah Arab.GCC juga mengatakan bahwa pasda Hizbullah berafiliasi Syiah Iran mendukung penyelundupan senjata di wilayah tersebut dan mencoba untuk mendorong "hasutan dan kekacauan jelas melanggar kedaulatan dan keamanan" dari negara-negara GCC.negara GCC telah mengambil serangkaian tindakan terhadap Hizbullah sejak Arab Saudi bulan lalu berhenti pendanaan senilai $ 3 miliar pada program dari perlengkapan militer Prancis ke Beirut.
 
Pekan lalu, lima dari enam negara GCC mengeluarkan larangan perjalanan atau melarang warga mereka untuk mengunjungi Lebanon untuk alasan keamanan.Hizbullah adalah kelompok yang didukung Iran, saingan daerah Arab Saudi, hubungan antara kedua negara bisa memperburuk tahun ini. Kedua negara memiliki kebijakan yang berlawanan dalam menanggapi konflik di Suriah dan Yaman. 


Sebuah sumber resmi Saudi mengatakan kerajaan telah melihat "sikap bermusuhan Lebanon disebabkan oleh cengkeraman Hizbullah pada negara".Riyadh akan melakukan "review komprehensif dalam hubungannya dengan Republik Lebanon," kata pejabat. 

Dia secara khusus disebutkan penolakan Lebanon untuk bergabung dengan Liga Arab dan Organisasi Kerjasama Islam mengutuk serangan di misi diplomatik Arab di Iran pada bulan Januari.Riyadh memutuskan hubungan diplomatik dengan Teheran setelah demonstran Iran membakar kedutaan dan konsulat menyerang Arab Saudi menyusul eksekusi seorang ulama Syiah terkemuka.Sunni-didominasi GCC terdiri dari Bahrain, Kuwait, Oman, Qatar, Arab Saudi

No comments:

Post a Comment