Monday, November 16, 2015

Manisnya Kejujuran


Berlaku jujur merupakan hal yang terkadang sulit, namun hal itu juga bisa sangat mudah. Bisa mudah ketika anda mempraktikannya setiap hari.
Jujurlah niscaya kamu akan mengerti rasa manisnya dari kejujuran yang telah kau perjuangkan.
Terkadang ketika kita dihadapkan pada hal yang sulit , maka kita akan bimbang apakah harus berkata jujur atau berbohong?? Usahakan untuk selalu jujur. Karena kejujuran pasti akan nembawa kenikmatan dan kebahagian bagi orang yang selalu melaksanakaannya.

Jujur mempunyai banyak manfaat,
dengan kejujuran kita orang akan percaya dengan kita. Apabila anda adalah seorang pedagang , dengan berbuat jujur pelanggan anda tidak akan ragu lagi untuk belanja kepada , hal itu karena sifat jujur yang anda miliki. Dan yang lebih dahyat yaitu apabila anda menjadi seorang pedagang yang jujur maka tempat anda kelak di surga bersama para nabi dan syuhada'

Jika anda adalah seorang pelajar atau mahasiswa , bebuatlah jujur kepada guru atau dosen anda ,dan bahkan kepada diri anda sendiri. Kerjakan semua soal - soal sendiri tanpa harus berbuat curang dengan mencontek. Karena pada dasanya ujian dilaksanakan bukan sekedar mencari nilai melainkan sebagai ukuran seberapa dalam ilmu yang telah kita kuasai. 

Dengan berbuat jujur maka kita akan mengerti kualitas kita. Sehingga jika ada kekurangan kita bisa memperbaikinya dan pada akhirnya kebiakannya akan kembali kepada kita.

Kemudian jika kita berperan sebagai anak maka semestinya kita  berbuat jujur kepada orang tua anda. Janganlah sekali - kali kita membohongi mereka, karena hal tersebut juga akan nenimpa kita kelak , ketika kita telah menjadi orang tua maka anak kita juga akan sering membohongi kita. Namun jika kita selalu berbuat jujur maka In Sha Alloh kelak anak - anak kita juga akan selalu jujur kepada kita.

Kemudian jika anda adalah seorang istri, maka selalu berbuat jujur kepada suami anda, karena sesungguhnya suami anda adalah orang yang paling berhak mendapat penghormatan dan perilaky jujur . Jangan sampai anda melakukan sesuatu tanpa seijinnya. Karena balasan istri soleha bukan sekedar kebahagian semu semata, namun kebagiaan berupa surga Allah Ta'ala

Begitupun jika anda adalah seorang pegawai, maka berbuat jujurlah kepada atasan anda dan kepada diri anda sendiri, lakukan tugas sesuai porsinya. Agar gaji yang anda dapat menjadi berkah dan melimpah

Dan juga sebaliknya jika anda adalah seorang atasan maka berbuatlah jujur kepada bawahan anda. Berilah haknya sesuai kewajiban yang telah di lakukan. Niscaya bawahan anda akan senantiasa loyal kepada anda.

Demikianlah tentang manfaat kejujuran, yang mana dengan kejujuran akan kembali pada diri kita sendiri. Semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment